Modul guru pembelajar bimbingan dan konseling sekolah menengah atas/ sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) kelompok kompetensi J pedagogik: esensi pelayanan bimbingan dan konseling pada jenis pendidikan

Main Author: Susanti, Ana
Other Authors: Kartadinata, Sunaryo, Eddy Wibowo, Mungin, Suherman, Uman, Rusmana, Nandang
Format: Book PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: PPPPTK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.kemdikbud.go.id/1164/1/20170316165643_58cac3cbdd8c8.pdf
http://repositori.kemdikbud.go.id/1164/
Daftar Isi:
  • Guru sebagai salah satu komponen yang memberikan kontribusi dalam perwujudan tujuan pendidikan membentuk peserta didik menjadi insan kaffah dan insan kamil, yaitu sosok yang sehat jasmani dan rohaninya, dapat mengimplementasikan iman, ilmu dan amal dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kebahagiaan, termasuk di dalamnya guru bimbingan dan konseling atau konselor akan menguasai dengan baik kaidah-kaidah keilmuan pendidikan sebagai dasar dalam memahami peserta didik (seagai sasaran pelayanan bimbingan dan konseling) dan memahami seluk beluk proses pembelajaran yang akan dijalani peserta didik (dalam hal ini konseli) melalui modus pelayanan bimbingan konseling. dalam hal ini prosesl pelayanan bimbingan dan konseling tidak lain adalah proses pembelajaran yang dijalani oleh sasaran layanan(konseli) bersama konselornya.