Modul guru pembelajar bimbingan dan konseling sekolah menengah atas/ sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) kelompok kompetensi F profesional: implementasi teori konseling
Main Authors: | Purwanto, Edy, Zaenudin, Zaenudin, Bagus Anggoro, Hery, Tristianty Hidayat, Selvia, Aisyah, Siti |
---|---|
Other Authors: | Kartadinata, Sunaryo, Eddy Wibowo, Mungin, Suherman, Uman, Rusmana, Nandang |
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
PPPPTK Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/1144/1/20170316164836_58cac1e4e2014.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/1144/ |
Daftar Isi:
- Salah satu upaya PPPPTK dan BK dalam merealisasikan program peningkatan kopetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah melaksanakan Program Guru Pembelajran yang bahan ajarnya dikembangkan dalam bentuk modul berdasarkan standar kompetensi guru. Sesuai fungsinya bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk modul agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta diklat. beberapa karakteristik yang khas dari bahan pembelajaran tersebut adalah: (1) lengksp (self-contained), artinya seluruh materi yang diperlukan peserta program Guru Pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu tersedia secra memadai; (2) menjelaskan diri sendiri (self-explanatory), maksudnya penjelasan dalam paket pembelajaran memungkinkan peserta Program Guru Pembelajaran dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta Program Guru Pembejaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.