Strategi penggunaan bahasa iklan komersial pada media luar ruang di Surakarta (sebuah tinjauan pragmatik)
Main Author: | Susanti, Ratna |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.kemdikbud.go.id/10471/1/STRATEGI%20PENGGUNAAN%20BAHASA%20IKLAN.pdf http://repositori.kemdikbud.go.id/10471/ http://118.98.228.113/kbi_back/file/dokumen_makalah/dokumen_makalah_1540361605.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi penggunaan bahasa iklan bidang perniagaan dalam media luar ruang yang ada di Kota Surakarta ditinjaui dari ilmu pragmatik. Pengiklan menggunakan bahasa sebagai salah satu alat komunikasi untuk menyampaikan gagasangagasan dalam menjual produk atau menawarkan jasanya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pragmatik merujuk pada teori tindak tutur Searle (dalam Leech, 2014). Untuk menganalisis dari aspek pragmatik, khususnya strategi penggunaan bahasa maupun cara penyampaian makna dan pesan iklan digunakan teori dari Leech (2014).