EFEKTIVITAS METODE RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA KYAI AGENG BASYARIYAH SEWULAN DAGANGAN TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Author: | Susanti, Vera Dewi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
IKIP PGRI Madiun
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/jipm/article/view/494 http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/jipm/article/view/494/455 |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar matematika pada kelas X di SMA Kyai Ageng Basyariyah SewulanDagangan selama ini masih rendah, selama ini siswa menganggap matematika adalah matapelajaran yang sulit. Hal ini menyebabkan peran serta siswa dalam belajar matematika sangatkurang sehingga secara tidak langsung berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metodeReciprocal Teaching lebih baik daripada ceramah. Prestasi belajar siswa dengan tingkat keaktifantinggi lebih baik daripada keaktifan sedang dan rendah, serta prestasi belajar siswa dengankeaktifan sedang lebih baik daripada keaktifan rendah. Prestasi belajar siswa dengan tingkatkeaktifan tinggi, sedang, dan rendah yang diajar menggunakan metode Reciprocal Teaching lebihbaik daripada ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA KyaiAgeng Basyariyah Sewulan Dagangan tahun ajaran 2012/2013. Sampel sebanyak dua kelas yaitusiswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampeldilakukan dengan simple random sampling. Kelas eksperimen dilakukan dengan menerapkanmetode Reciprocal Teaching dan kelas kontrol dilakukan dengan menerapkan metode ceramah.Dari hasil perhitungan diperoleh rata-rata untuk kelas eksperimen = 78,81 dan rata-rata untuk kelaskontrol = 71,19 kemudian diuji dengan menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel taksama, dengan α = 0,05 diperoleh Fa hitung = 5,09 dan Fa tabel = 4,12, Fb hitung = 24,06 dan Fb tabel = 3,27,Fab hitung = 0,22, dan nilai Fab tabel = 3,27, sehingga A H0 ditolak, B H0 ditolak, AB H0 diterima.Sehingga dilakukan uji komparasi rataan antar kolom dan diperoleh F12 hitung = 8,31, F13 hitung =41,47, F23 hitung = 17,50, sedangkan nilai Ftabel = 6,54 sehingga 12 H ditolak, 13 H ditolak, 23 Hditolak. Ini berarti prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan metode Reciprocal Teachinglebih baik daripada ceramah. Prestasi belajar siswa dengan tingkat keaktifan tinggi lebih baikdaripada keaktifan sedang dan rendah, serta prestasi belajar siswa dengan keaktifan sedang lebihbaik daripada keaktifan rendah. Prestasi belajar siswa dengan tingkat keaktifan tinggi, sedang, danrendah yang diajar menggunakan metode Reciprocal Teaching lebih baik daripada ceramah.Adapun sarannya, dalam mengajar matematika hendaknya metode Reciprocal Teaching ini dapatdijadikan bahan pertimbangan bagi guru untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dankeaktifan siswa.