PENGEMBANGAN KETERAMPILAN HIDUP DAN KARIR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU LULUSAN SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Budi Wijaya, I Komang Wisnu; Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Darmayanti, Ni Wayan Sri; Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Suar Bangli, Muliani, Ni Made; Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPM IHDN Denpasar
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1384 http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1384/1354 |
Daftar Isi:
- Abad ke-21 disebut sebagai abad pengetahuan karena pada abad tersebut pengetahuan memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Berbagai keterampilan harus dimiliki oleh individu untuk beradaptasi di abad ke-21. Salah satu keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan hidup dan karir. Keterampilan hidup dan karir terdiri dari lima aspek yaitu adaptabilitas dan fleksibilitas ; inisiatif dan pengaturan diri ; interaksi sosial dan budaya ; produktivitas dan akuntabilitas serta kepemimpinan dan tanggung jawab. Pengembangan keterampilan hidup dan karir sudah dilakukan sejak individu berada di bangku sekolah dasar. Hal itu dikarenakan pada usia sekolah dasar, anak sedang mengalami perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor yang pesat. Pengembangan keterampilan hidup dan karir dilakukan di tiga pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Selain itu, pengembangan keterampilan hidup dan karir dilakukan dengan mengacu pada masing-masing aspek keterampilan serta karaktersitik dari setiap pusat pendidikan.