Improving Teacher's Professionalism To Increase The Quality Of Hindu Religious Education In School

Main Authors: Perni, Ni Nyoman; Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Paramitha, Hary Yati; Pasraman Prakam Wyata Dharma Selong, Lombok Timur
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: LPM IHDN Denpasar , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1301
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1301/1040
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan profesionalisme guru untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Hindu melalui efektivitas dan kreativitas pola interaksi di sekolas. Sekolah sebagai pendidikan formal merupakan lembaga yang memiliki kewajiban untuk membentuk peserta didik menjadi pribadi yang berkarakter luhur. Lembaga pendidikan ini seyogyanya dapat membekali siswanya dengan berbagai nilai, sikap, serta kemampuan dan keterampilan dasar yang cukup kuat sebagai landasan untuk menjalani kehidupan yang sebenarnya di masyarakat. Pribadi yang berkarakter luhur ini dibentuk melalui pendidikan agama Hindu yang dilaksanakan secara berkelanjutan di semua jenjang pendidikan. Agar pendidikan agama Hindu ini mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, maka peningkatan mutu pendidikan agama Hindu wajib dilaksanakan, dimana salah satunya dengan meningkatkan efektivitas pola interaksi dalam pembelajaran di sekolah.