Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality

Main Authors: Mandra, I Wayan; Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Dhammananda, Dhammananda; Sekolah Tinggi Agama Hindu Gde Pudja Mataram
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: LPM IHDN Denpasar , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1300
http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/1300/1039
Daftar Isi:
  • Tri Hita Karana di lingkungan sekolah dasar merupakan upaya dalam pembelajaran agama Hindu dalam mengembangkan ke tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Melalui Pendidikan Agama siswa Agama Hindu dibimbing agar selalu membina hubungan yang harmonis dengan Tuhan, sesama dan dengan lingkungan. Ajaran Tri Hita Karana akan terwujud melalui keseimbangan dalam pelaksanaannya dalam menjaga hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesamanya, dan manusia dengan alam lingkungannya. Dari pengamatan awal terdapat beberapa jenis pelanggaran atau penyimpangan perilaku siswa yang cenderung negatif antara lain perilaku siswa yang kurang hormat kepada guru, melawan atau menentang nasehat guru, siswa yang selalu bercanda saat melaksanakan tri sandya, ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam kegiatan kerja bakti dengan lebih banyak mengobrol atau menjauh saat teman temannya bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekolah, dan ada beberapa siswa yang terlihat lebih suka membuang sampah sembarangan di ruang kelas atau di halaman sekolah.