Penggunaan metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa penelitian tindakan kelas di sman 5 bekasi
Main Author: | Zuliah Khaerani |
---|---|
Other Authors: | Baiq Hana Susanti |
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/8398 |
Daftar Isi:
- i: 65 hal.; 30 cm.
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penggunaan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini bersifat tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI IPA 5 di SMAN 5 Bekasi pada bulan Oktober – November tahun ajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah tujuh siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap: persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar. Pada siklus 1 hasil pre test mencapai rata-rata 42.03 dan hasil post test 73.25 serta N-Gain 0.54 (sedang). Pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar yaitu dapat dilihat dari rata-rata pre test 50.81 dan post test 83.56 serta N-Gain 0.67 (sedang). Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa mencapai 78.10% dan pada siklus 2 mencapai 100%, hal ini menunjukan telah terjadi peningkatan hasil belajar. Hasil uji wilcoxon menunjukan terjadi perbedaan yang signifikan antara hasil perolehan N-Gain Siklus 1 dan Siklus 2 yaitu J hitung = 92, J tabel = 159. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep-konsep biologi.