Role of Islamic education to develop the students' multicuktural attitude (the correlational study at MTs.Pembangunan UIN Jakarta)

Main Author: Muhamad Fauzi
Other Authors: Dede Rosyada
Format: Bachelors
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/639
Daftar Isi:
  • viii, 106 hal.; 28 cm.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban mengenai hubungan antara pendidikan agama Islam dengan sikap multikultural siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Pembangunan UIN Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang diambil secara purposive random sampling dari seluruh siswa kelas II MTs. Pembangunan UIN Jakarta tahun ajaran 2008-2009. Sikap multikultural siswa diukur dengan skala sikap multikultural siswa model Likert yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Skala sikap multikultural siswa ini meliputi aspek Humanisme, Pluralisme dan Nilai Demokrasi. Pendidikan agama Islam diukur dari data prestasi belajar yang diambil nilai rata-ratanya pada semester I kelas VIII siswa MTs. Pembangunan UIN Jakarta tahun ajaran 2009-2010 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang terdiri dari bidang Fikih, Al-Qur’an dan Hadits, Aqidah Akhlak, dan Sejarah Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara dengan sikap multikultural siswa MTs. Pembangunan UIN Jakarta. Dan penelitian ini juga menunjukan kontribusi yang besar mengenai pendidikan agama Islam terhadap sikap multikultural siswa MTs. Pembangunan UIN Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis bermaksud memberikan beberapa saran kepada guru agama agar mengembangkan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam pendidikan agama Islam seperti humanisme, pluralisme dan demokrasi kepada sekolah agar menyusun kurikulum khususnya pendidikan agama Islam berbasis multikultural guna mencetak generasi intelektual muda yang menghargai dan responsif terhadap perbedaan dan kepada siswa MTs. Pembangunan UIN Jakarta agar memahami nilai-nilai multikultural dalam pendidikan agama Islam secara komperehensif guna membentuk pemahaman dan sikap yang sehat dalam merespon adanya perbedaan.