Rancang bangun aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis web pada PT. Gatra Citra Kencana Tour dan Travel
Main Author: | Ucu Deti |
---|---|
Other Authors: | Ditdit Nugraha Utama |
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/4975 |
Daftar Isi:
- i, 233 hal.; 22 cm.
- PT. Gatra Citra Kencana adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa pariwisata, khususnya bidang Tour & Travel. Di era globalisasi ini terjadi persaingan yang sangat ketat antar perusahaan. Ada beberapa hal yang menyebabkan persaingan tersebut terjadi, diantaranya yaitu: bermunculan produk baru dengan jenis yang bervarian, semakin meningkatnya tuntutan pelanggan untuk mendapatkan produk yang berkualitas, dengan harga yang kompetitif, selain itu perusahaan dituntutan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan, dan terjadinya persaingan yang ketat dalam mempromosikan produk. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu strategi, yaitu dengan mengimplementasikan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis Web. Aplikasi customer relationship management (CRM) ini menggunakan metode analisis rantai nilai CRM dan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metodologi Object Oriented dengan model RAD. Model analisis sistem menggunakan notasi UML dengan diagram yang digunakan adalah Use Case Diagram, State Chart Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram. Implementasi dilakukan sampai dengan tahap koding dan testing. Penelitian ini menghasilkan aplikasi customer relationship management (CRM) berbasis Web yang dapat digunakan PT. Gatra Citra Kencana Tour & Travel Jakarta Selatan untuk mempromosikan produk, menjual produk, menampilkan laporan dan memberikan pelayanan kepada pelanggan. Kata Kunci: Customer Relationship Management, Rantai Nilai CRM, Object Oriented, RAD, UML