Fa'aliyah istikhdaam lu'bah skrambil (scramble) fi ta'lim al-qira'ah bi Madrasah al-Fatih al-Mutawassithah al-Islamiyah al-Takamuliyyah Tangerang

Main Author: Indriyani
Other Authors: Ahmad Dardiri, Raswan
Format: bachelorThesis
Bahasa: ar
Terbitan: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/46696
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektifitas penggunaan permainan scramble pada pembelajaran qira'ah, pelaksanaan permainan scramble dalam pembelajaran qira'ah dan mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran qira'ah dengan permainan scramble. Penelitian ini berdesain eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah 102 siswa kelas 7 SMPIT Al-Fatih Tangerang. Sedangkan sampel penelitian ini terdiri atas 68 siswa dikelas 7. Pada penelitian ini 34 siswa kelas 7A untuk mewakili kelas eksperimen dan 34 siswa kelas 7B untuk mewakili kelas kontrol. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa pada pembelajaran qira'ah, peneliti mengadakan pre-test, kemudian peneliti mengadakan post-test untuk mengetahui kemampuan dan hasil belajar siswa dengan permainan scramble. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran qira'ah dengan permainan scramble dan efektifitas permainan ini, peneliti menggunakan t-Test. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya dengan observasi langsung dan mengadakan ujian tulis (pre-test dan post-test). Setelah analisis data, peneliti sampai kepada hasil penelitian diantaranya: penggunaan permainan scramble dalam pembelajaran qira'ah efektif, hal ini dikarenakan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata yang dihasilkan kelompok eksperimen yaitu 93,76 dan nilai rata-rata yang dihasilkan oleh kelompok kontrol yaitu 83,38. Dan dari hasil pre-test dan post-test, peneliti menganalisis peningkatan dan perbedaan keduanya, dengan t-Test yang menghasilkan t0 = 2,505 dan nilai tt = 1,66 dan 2,38. Nilai t0 lebih besar dari nilai tt, dengan ini menunjukkan bahwasannya Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian penggunaan permainan scramble dalam pembelajaran qira'ah di SMPIT Al-Fatih Tangerang efektif.
  • Khusus Artikel