Pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control, kepercayaan dan faktor demografi terhadap intensi berdonasi online

Main Author: Siti Iasya Maryam Nurjanah
Other Authors: Ikhwan lutfi
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Psikologi, 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/submit#null
Daftar Isi:
  • xiii, 76 hlm.; 29 cm.
  • Intensi berdonasi online merupakan seberapa kuat keinginan individu dalam mendonasikan uang untuk amal atau organisasi layanan masyarakat melalui media online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif, perceived behavioral control, kepercayaan, dan faktor demografi terhadap intensi berdonasi online. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 197 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Uji alat ukur menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multiple Regression Analysis pada taraf signifikasi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan proporsi varians dari intensi berdonasi online yang dijelaskan oleh seluruh independen variabel sebesar 65,2%. Hasil uji hipotesis minor yang menguji pengaruh dari seluruh independen variabel, terdapat tiga variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi berdonasi online, yaitu variabel norma moral, perceived behavioral control, dan variabel kepercayaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan untuk penelitian selanjutnya agar menyeimbangkan persebaran partisipan penelitian berdasarkan data kontrol penelitian (misalnya usia, jenis kelamin, dan tingkat sosial ekonomi) sehingga dari hasil penelitian dapat digambarkan secara lebih jelas hubungan ataupun perbedaan antara kelompok responden tersebut.