Implementasi teori multiple intelligence dalam metode pembelajaran fikih di MTS Pembangunan UIN Jakarta

Main Author: Ahmad Nasuki
Other Authors: Sapiudin
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45263
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara implementasi teori multiple intelligence pada metode pembelajaran Fikih di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Subjek dari penelitian ini adalah guru fikih kelas 7 dan objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran fikih kelas 7 semester genap. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data didapatkan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Data diolah melalui tiga teknik, yaitu: (1) meningkatkan ketekunan, (2) Triangulasi dan (3) menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran fikih di MTs Pembangunan UIN Jakarta sesuai dengan Multiple Intelligence peserta didik. Hal ini dibuktikan dari empat buah metode pembelajaran yang diimplementasikan, yaitu: (1) Metode movie learning yang sesuai dengan kecerdasan musikal, linguistik dan visual-spasial dominan, (2) Metode tanya jawab yang sesuai dengan kecerdasan matematis-logis dominan, (3) Metode demonstrasi yang sesuai dengan kecerdasan kinestetis-jasmani dan interpersonal dominan, (4) Metode peta konsep yang sesuai dengan kecerdasan visual-spasial dan intrapersonal dominan.