Analisis framing pada pemberitaan tewasnya Osama Bin Laden di Harian Republika- Kompas

Main Author: Syamsul Rijal
Other Authors: --
Format: Article
Bahasa: ind
Terbitan: Alhadharah, Jurnal Ilmu Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Jakarta
Subjects:
Online Access: http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/1780
Daftar Isi:
  • Alhadharah, Jurnal Ilmu Dakwah,; Vol. 11 No. 22, Juli-Desember 2012
  • Media punya pengaruh yang kuat dalam menciptakan image tokoh. Sepak terjang Osama (Usamah) sebagai pemimpin Al-Qaidah, juga tidak luput dari perhatian media. Ketika ia tewas di tangan pasukan elit militer Obama, peristiwa tersebut menjadi headlines new di sejumlah media baik internasional maupun nasional. Dua Koran besar di Indonesia juga mengambil momen tersebut untuk merangkai bagaimana kebijakan medianya. Lewat penelitian ini, kami menelusuri penciptaan makna di balik pilihan-pilihan topik yang diambil kedua media tersebut melalui sumber afiliasinya. Republika memilih headlines yang mewakili subyektivitas Koran berhaluan ke-Islam-an, dengan memberikan sikap simpati dan empatinya pada persoalan masyarakat Islam di Timur Tengah. Sedangkan Kompas, lebih memilih melukiskan kehebatan dan keberhasilan AS melumpuhkan Osama, sembari memadankan persoalan teroris dunia ke lokalitas Indonesia.
  • --