Hubungan kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi al-qur'an hadits: studi kasus di Mts Miftahul Umam Pondok Labu Jakarta Selatan
Main Author: | Muhammad Irfan |
---|---|
Other Authors: | Anshori |
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011
|
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/4503 |
Daftar Isi:
- viii, 73 hal.; 28 cm
- Skripsi ini mengkaji tentang hubungan kompetensi guru al-Qur’an Hadits dengan prestasi belajar siswa. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa. Kompetensi merupakan salah satu kualifikasi guru yang sangat penting, karena bagaimanapun bagusnya sebuah kurikulum, metode pembelajaran dan lain sebagainya tanpa didukung oleh guru yang berkompeten maka ia dalam menjalankan tugasnya akan tidak optimal. Seorang guru profesional dalam menjalankan tugasnya perlu memiliki keempat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi itu sangat berpengaruh bagi hasil belajar siswa maupun sikap individu siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Umam Pondok Labu Jakarta Selatan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas VIII MTs Miftahul Umam yang berjumlah 198 orang, sedangkan sampelnya diambil secara acak (random sample), mengingat populasinya lebih dari 100 orang, maka penulis mengambil sampel sebanyak 15 % dari populasi yaitu 30 orang. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis dan metode korelasional dengan jenis penelitan lapangan (field research) dan didukung oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research). Metode tersebut penulis dukung dengan teknik-teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik product moment. Dari hasil pengolahan data yang didapat langkah selanjutnya diklasifikasikan dan diolah sehingga menghasilkan data akhir dengan Rxy sebesar 0,5078 yang berarti terdapat hubungan kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa walaupun hubungan positif itu hanya pada tingkat sedang atau cukup saja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, ini mengandung pengertian bahwa kompetensi guru berhubungan dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi al-Qur’an Hadits meskipun hanya pada tingkat sedang atau cukup saja.