Persepsi siswa terhadap tata ruang dan sarana Perpustakaan Sekolah Insan Cendekia Madani Serpong
Main Author: | Najema Farhani |
---|---|
Other Authors: | Fahma Rianti |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44912 |
Daftar Isi:
- Adanya ruang pada suatu gedung merupakan hal yang sangat penting untuk melindungi manusia dari panas dan hujan, begitu juga dengan perpustakaan. Perpustakaan membutuhkan ruangan untuk menyimpan berbagai sumber informasi, dan tempat untuk melakukan berbagai kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap tata ruang dan sarana Perpustakaan Sekolah Insan Cendekia Madani Serpong. Jenis penelitian ini ada deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi, study pustaka, angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan menggunakan skala likert untuk menghasilkan skor pada setiap pertanyaan persepsi. Pada penelitian ini populasi dibatasi hanya 116 siswa kelas XI SMA Sekolah Insan Cendekia Madani Serpong. Sampel yang diambil sebesar 25% dari populasi yang ada yaitu 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tata ruang dan sarana perpustakaan sudah sesuai dengan standar IFLA yaitu dinilai dari aspek funsional, aspek psikologis pengguna, aspek estetika, dan aspek keamanan bahan pustaka, Untuk sarana jumlahnya sudah memadai dan kondisinya kokoh serta baik untuk digunakan. Hal tersebut sesuai dengan persepsi siswa yang sebagian besar menyatakan setuju dengan lokasi perpustakaan strategis, sebagian besar juga setuju dengan penataan ruang perpustakaan sudah baik, mayoritas siswa juga setuju dengan kondisi dan jumlah sarana yang terdapat di perpustakaan, sebagian besar menyatakan setuju dengan unsur penerangan yang tidak menyilaukan pandangan, sebagian besar setuju dengan pewarnaan yang menjadikan ruang full color, serta untuk unsur suhu, kelembaban, dan sirkulasi udara mayoritas setuju dengan penghawaan ruangan yang baik. Tetapi ada beberapa unsur yang belum sesuai dengan standar IFLA yaitu lokasi yang berdekatan dengan kebisingan, tinggi rak koleksi yang terlalu tinggi, jarak koleksi buku pelajaran terlalu berdekatan, dan ukuran tinggi meja sirkulasi yang agak tinggi dari teori yang sudah di tetapkan.