Nilai-nilai pendidikan dalam kisah Ashabul Kahfi; Telaah Al-Qur’an Surat Al-Kahfi Ayat 9-21

Main Author: Anang
Other Authors: Salman Harun
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44549
Daftar Isi:
  • v ; 108 Hal
  • Al-Qur’an diturunkan untuk menjadi pedoman hidup bagi orang-orang yang beriman agar selamat di dunia dan akhirat. Banyak nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Salah satu metode yang digunakan untuk menyampaikan nilai-nilai pendidikan itu dengan metode kisah. Kisah mempunyai daya tarik tersendiri yang mampu mempengaruhi pembacanya untuk bersifat seperti orang-orang terdapat dalam kisah tersebut. Salah satu kisah yang terdapat dalam Al-Qur’an adalah kisah ashabul kahfi yang menjadi salah satu Surat dalam Al-Qur’an. Kisah ashabul kahfi merupakan kisah yang menceritakan pemudapemuda yang berjuang mempertahankan keimanan mereka dengan meninggalkan kaumnya dan bersembunyi di gua. Kemudian Allah menidurkan mereka dan membangkitkan mereka setelah tertidur selama 309 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kisah ashabul kahfi; Telaah Al-Qur’an surat Al-Kahfi ayat 9-21. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode analisis deskriptif, yaitu menganalisis masalah yang akan dibahas dengan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan pembahasan berupa pendapat ahli tafsir, ahli pendidikan, buku-buku, dan dokumen lain. Kemudian menganalisis data-data tersebut, dan selajutny amembuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam surat Al-Kahfi ayat 9-21 adalah pendidikan intelektual, pendidikan sabar, pemberian pengalaman spiritual, pendidikan keimanan, metode kisah, pendidikan keberanian, pendidikan mempertahankan keimanan, pendidikan ketahanan fisik, dan pendidikan sosial.