Analisa strategi pemasaran produk simpanan idul fitri di BMT Al-Fath Ikmi Pamulang
Main Author: | Herianto |
---|---|
Other Authors: | Aries Koentjoro |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta : Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44504 |
Daftar Isi:
- vi ; 76 Hal
- Dari judul tersebut penulis ingin mengetahui strategi pemasaran produk simpanan idul fitri, kendala yang dihadapi dalam memasarkam produk SAFITRI serta bagaimana perkembangan SAFITRI dari tahun 2010-2014 di BMT Al-Fath IKMI Pamulang. Idul fitri merupakan hari besar umat Islam, Indonesia memiliki mayoritas umat Islam. Perayaan hari raya idul fitri suadah membudaya di kalangan umat Islam Indonesia, berbagai kebuhan dan keperluan serta biaya hidup yang lebih banyak akan menjadi sebuah kebutuhan pada saat Idul Fitri. Ini merupakan peluang pasar bagi setiap BMT jika dikelola dengan baik dan tepat sasaran pada nasabah, dan bukan tidak mungkin bahwa simpanan idul Fitri ini bisa menjadi simapanan unggulan di BMT. Penelitian ini dilakukan di BMT Al-Fath IKMI Pamulang, adapun metode yang dilakukan adalah pendekatan dengan cara kualitatif yang bersifat deskriptif, wawancara dengan pihak BMT serta menyebar kuisioner kepada mitra BMT yang menabung di simpanan Idul Fitri. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, maka sampailah pada kesimpulan bahwasanya, strategi pemasaran yang diterapkan oleh BMT Al-Fath cukup baik, ini ditunjukkan dari perkembangan nasabah dan kenaikan saldo akhir pada setiap tahunnya terus meningkat, walaupun masih ada beberapa kendala dan kelemahan yang di hadapi oleh BMT Al-Fath dalam memasarkan produk simpananan Idul Fitri ini.