Pengembangan Ensiklopedia Elektronik Daily Chemistry Berbasis Integrasi Islam Sains pada Materi Termokimia sebagai Sumber Belajar Siswa
Main Author: | Ahmad Hamdani |
---|---|
Other Authors: | Nanda Saridewi, Buchori Muslim |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44307 |
Daftar Isi:
- Ahmad Hamdani, “Pengembangan Ensiklopedia Elektronik Daily Chemistry Berbasis Integrasi Islam Sains pada Materi Termokimia sebagai Sumber Belajar Siswa”. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019. Pendidikan dewasa ini berada dalam alam pikiran modern yang sekuler, sehingga secara tidak sadar memisahkan antara pendidikan keimanan (ilmu-ilmu agama) dengan pendidikan umum (ilmu pengetahuan) dan pendidikan akhlak (etika). Salah satunya adalah dalam pembelajaran kimia. Selain mempunyai tingkat generalisasi dan keabstrakan yang tinggi, proses dan sumber belajar kimia dewasa ini cenderung berada pada tataran penyelesain matematis (perhitungan), sehingga kehilangan ruh kontekstualisasi dengan kehidupan sehari-hari dan nilai-nilai kegamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia elektronik daily chemistry berbasis integrasi Islam sains pada materi termokimia sebagai sumber belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Design and Development, yang terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) Planning (perencanaan), (2) Design (Desain), dan (3) Development (pengembangan). Instrumen yang digunakan dalam penilaian ini adalah instrumen alpha test dan beta test. Instrumen alpha test yang digunakan untuk memvalidasi materi dan media, mengikuti lembar evaluasi dari Alessi & Trollip. Sedangkan instrumen beta test digunakan untuk penilaian respons guru, mengacu pada kriteria penilaian dari Pusat Perbukuan dan Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil perhitungan persentase angket respon guru diperoleh, bahwa persentase aspek materi yaitu 92,8%, aspek bahasa 92%, aspek penyajian dan aspek grafik dengan persentase sama, yaitu 91%. Kelayakan media yang dibuat sebesar 90,88 dengan makna layak dengan predikat sangat baik. Sehingga, media yang dibuat layak dijadikan sebagai sumber belajar siswa. Kata Kunci: Daily Chemistry, Ensiklopedia, Integrasi Islam Sains. dan Termokimia.