Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa Kelas IV MI AL-Mursyidiyyah Pondok Benda Pamulang Tangerang Selatan
Main Author: | Lestari Octaviani |
---|---|
Other Authors: | Muhammad Arif |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/44252 |
Daftar Isi:
- vii, 74 hal., 24 cm
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Pengguanaan Media Audio Visual pada pembelajaran IPS kelas IV Materi Sumber Daya Alam . Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang terdiri dari dua siklus yang mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi, yang dilakukan sebelum penelitian sebelum penelitian dan setiap pertemuan PTK tes yang diberikan pada siswa sebelum PTK dan dan di akhir pertemuan setiap siklus, serta dokumentasi yang diambil setiap pertemuan saat PTK. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di MI AL-Mursyidiyyah Pondok Benda Pamulang Tangerang Selatan, hal ini dilihat dari hasil pre test dan post test disetiap akhir siklus, yang meningkat dari pre test dengan skor 65,27 menjadi 71,89 pada post test siklus I, dan meningkat kembali pada hasil rata-rata post test siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 83,91. Dengan prosentase ketercapaian KKM pada siklus I yaitu 67,56% dan pada siklus II 91,89%.