Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif (bamboomedia) terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem reproduksi manusia (Kuasi eksperimen di SMA Negeri 3 Serang)
Main Author: | Ifah Dzikriyah |
---|---|
Other Authors: | Sujiyo Miranto, Yuke Mardiati |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43942 |
Daftar Isi:
- xii, 171 hal.; 24 cm.
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem reproduksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Serang pada bulan April-Mei 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain Non-randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel diambil dari populasi terjangkau berjumlah 64 siswa dan dibagi menjadi dua kelas dengan cara purposive sampling yaitu kelas XI.A yang berjumlah 32 siswa yang dijadikan kelompok eksperimen dimana pembelajarannya menggunakan media pembelajaran interaktif dan kelas XI.B yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol dimana pembelajarannya menggunakan media power point. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh hasil thitung 5,06 dan ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 sebesar 2,06, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.