Penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan Open Ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pada Materi Lingkaran
Main Author: | Dyah Putri Ambarwati |
---|---|
Other Authors: | Tita Khalis Maryati, Maifalinda Fatra |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43451 |
Daftar Isi:
- xv, 251 hal.; 24 cm.
- Pendekatan open ended adalah upaya yang ditempuh oleh guru kepada siswa dalam memberikan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman menemukan, mengenali dan memecahkan masalah dengan beberapa cara yang berbeda, serta menghargai keragaman berpikir yang mungkin timbul selama mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dan mengetahui respon siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 178 tahun ajaran 2013/2014 pada bulan Januari-Februari 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematik, lembar observasi aktivitas belajar siswa, jurnal harian siswa, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa rata-rata persentase respon positif siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan open ended mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua.