Pengaruh media CD interaktif terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem percernaan manusia (Kuasi Eksperimen di MTs Daarul Hikmah Tangerang)

Main Author: Nuli Nurmalina
Other Authors: Baiq Hana Susanti, Fadilah Noor
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43403
Daftar Isi:
  • x, 66 hal.; 24 cm.
  • Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh media CD interaktif terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilakukan di MTs Daarul Hikmah Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa baik untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media CD interaktif dan kelas kontrol menggunakan media power point. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis pada kedua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung 6,99 dan ttabel pada taraf signifikan α= 0,05 sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media CD interaktif dalam konsep sistem pencernaan manusia.