Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA

Main Author: Ero Sondi Ladica R
Other Authors: Fathiah Alatas, Ai Nurlaela
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43380
Daftar Isi:
  • Fluida statis merupakan salah satu konsep fisika dimana siswa mereasa sulit dalam menguasai materi tersebut. Materi yang diajarkan kurang dieksplor dengan kegiatan pembelajaran yang mengaitkan dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 32 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes soal pilihan ganda. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap hasil posttest menunjukkan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,04, sehingga lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0,05. Nilai sig(2-tailed) < 0,05, sehingga H0 ditlak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kontekstual strategi REACT terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Kontekstual, Strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring), Hasil Belajar, Fluida Statis