Pengaruh Salat Dhuha Berjamaah terhadap kedisiplinan siswa di MTS Tahdzibun-Nufus Jakarta Barat

Main Author: Ahmad Karim Amirulloh
Other Authors: Rusdi Jamil
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43200
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pelaksanaan Salat Dhuḫȃ di MTs Tahdzibun-Nufus, dan kedisiplinan sekolah tersebut, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengatahui sejauh mana peran pelaksanaan Salat Dhuḫȃ dalam membentuk kedisiplinan siswa di MTs Tahdzibun-Nufus. Sehingga dapat diperoleh persentase sejauh mana pelaksanaan Salat Dhuḫȃ ini berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, sehingga akan diperoleh hubungan antara variabel bebeas (Salat Dhuḫȃ) dengan variabel terikat (kedisiplinan siswa), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Tahdzibun Nufus Jakarta Barat yaitu sebanyak 30 orang. Alasan peneliti mengambil sampel kelas XIII karena mereka lebih terbiasa dengan keadaan sekitar dibandingkan dengan kelas di bawahnya. Untuk mengatahui sejauh mana pengaruh Salat Dhuḫȃ terhada kedisiplinan siswa di MTs Tahdzibun-Nufus, peneliti menggunakan angket yang di dalamnya terdapat instrumen penelitian sebagai alat yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data sehingga data yang diperoleh hasilnya akan lebih baik, dalam arti cermat, lengkap, sistematis dan lebih mudah untuk diolah. Setelah dianalisis dengan Pruduct moment Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rtabel Pruduct moment dengan nilai 30 – 2= 28 (df =N – nr) dapat diinterpretasikan pada taraf signifikasi 5% sebesar 0.374 dan pada taraf 1% 0.478. Jadi 0.521 > 0.374 dan 0.521 > 0.478 dengan membandingkan besarnya rxy dengan rtabel maka dapat diinterpretasikan bahwa rxy > rtabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan pelaksanaan Salat Dhuḫȃ dengan kedisiplinan siswa. Dan Dari perhitungan koefesien, diketahui nilai koefesien determinasi sebesar 27%. Hal ini menunjukan bahwa variabel X (pelaksanaan Salat Dhuḫȃ) mempengaruhi atau memberi kontribusi terhadap variabel Y (disiplin siswa) sebesar 27%. Adapun sisanya adalah faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa dan hal itu tidak diteliti oleh penulis