Semiotika keluarga pada cover Majalah Ummi
Main Author: | Virlindayani Nur Maulida |
---|---|
Other Authors: | Rully Nasrullah |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42898 |
Daftar Isi:
- vii, 111 hlm,; 26 cm
- Majalah adalah sebuah media publikasi atau terbitan secara berkala yang memuat artikel-artikel dari berbagai penulis.Selain memuat artikel, majalah juga merupakan publikasi yang berisi cerita pendek, gambar, review, ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi dari majalah.Majalah merupakan media massa cetak yang penerbitannya berkala, artinya tidak terbit setiap hari seperti layaknya surat kabar. Majalah juga menggunakan kertas sampul yang memuat bermacam-macam tulisan yang dihiasi ilustrasi maupun foto.Salah satu majalah yang dapat menginspirasi wanita adalah majalah Ummi. Majalah Ummi terbit sejak bulan April tahun 1989 ini dikemas dengan bahasan yang menarik, lugas, dan bersahabat sehingga dapat diterima dan menjadi majalah favorit keluarga. Cover majalah merupakan salah satu faktor utama apakah suatu majalah akan laku atau laris di pasaran. Sebelum membeli, orang biasanya menilai bagus atau tidaknya dengan melihat terlebih dahulu cover nya.Cover majalah Ummi diawali dengan cerita singkat sebuah keluarga tamu yang menghiasi cover majalah Ummi. Sampai sekarang, cover majalah Ummi adalah keluarga, dimana rata-rata adalah foto pasangan suami istri. Keluarga merupakan unit terkecil dalam struktur masyarakat yang dibangun di atas perkawinan/pernikahan, terdiri dari ayah/suami, ibu/istri, dan anak. Kemudian muncul pertanyaan bagaimana makna keluarga pada cover majalah Ummi? Petanda apa saja yang terdapat dalam cover majalah Ummi? Siapa yang menjadi objek pada cover majalah Ummi? dan bagaimana interpretasi peneliti terhadap cover majalah Ummi? Melihat konteks penelitian ini, tinjauan teoritis yang digunakan adalah teori semiotika menurut Charles Sanders Peirce, yaitu dengan melihat makna atas sign(ikon, indeks, dan simbol), object, dan interpretant.Ikon merupakan tanda yang dirancang untuk merepresentasikan sumber acuan melalui simulasi atau persamaan (artinya, sumber acuan dapat dilihat, didengar, dan seterusnya dalam ikon).Indeks merupakan tanda yang dirancang untuk mengindikasikan sumber acuan atau saling menghubungkan sumber acuan.Sedangkan simbol merupakan tanda yang dirancang untuk menjadikan sumber acuan melalui kesepakatan atau persetujuan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotik yang bersifat kualitatif model deskriptif. Data yang didapatkan dari cover majalah Ummi edisi Januari sampai Desember 2012, serta digabung dengan observasi buku-buku tentang majalah, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melihat 12 cover majalah yang diteliti, maka kesimpulannya adalah keluarga harmonis versi majalah Ummi terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori suami istri, kategori ibu dan anak, dan kategori keluarga lengkap yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Kata kunci: Semiotika, Majalah Ummi, Cover, dan Keluarga
- Dr. Rully Nasrullah, M.Si
- --