Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid

Main Author: Ahmad Ainul Yakin
Other Authors: Tonih Feronika, Evi Sapinatul Bahriah
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42864
Daftar Isi:
  • Menurut beberapa penelitian terdahulu, kemampuan berpikir kritis siswa kurang terlatih dikarenakan pembelajaran lebih berpusat kepada guru (teacher center). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi koloid. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Tangerang Selatan pada bulan Mei semester genap tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah masing-masing 35 orang siswa pada kelas kontrol dan eksperimen yang diambil melalui Purposisive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes essay sebanyak 17 butir soal yang kemudian dianalisis dengan uji t. Hasil uji hipotesis data Sig < α, yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Brain Based Learning (BBL) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi koloid. Kata Kunci: Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Sistem Koloid.