Strategi komunikasi persuasif pengurus komunitas terang jakarta dalam mengajak anak muda berhijrah melalui new media

Main Author: Siti Sakhinah
Other Authors: Armawati Arbi
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42745
Daftar Isi:
  • xii, 83 hlm,; 26 cm.
  • Fenomena hijrah menjadi tren di kalangan anak muda. Hal ini tidak lepas dari pengaruh dakwah yang meluas ke ranah new media. Salah satunya adalah komunitas Terang Jakarta yang gencar mengajak anak muda berhijrah melalui new media seperti website, Instagram, serta Whatsapp. Dengan demikian, pengurus komunitas Terang Jakarta memerlukan strategi komunikasi persuasif. Terdapat tiga pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu: 1) bagaimana the psychodynamic strategy pengurus komunitas Terang Jakarta dalam mengajak anak muda berhijrah melalui new media? 2) Bagaimana the sociocultural strategy pengurus komunitas Terang Jakarta dalam mengajak anak muda berhijrah melalui new media? 3) Bagaimana the meaning construction strategy pengurus komunitas Terang Jakarta dalam mengajak anak muda berhijrah melalui new media? Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach, yaitu: 1) the psychodynamic strategy, 2) The sociocultural strategy, 3) The meaning construction strategy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta uji coba kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengurus mengimplementasikan: 1) the psychodynamic strategy di new media menggunakan desain menarik dan bahasa sehari-hari. 2) The sociocultural strategy di new media menggunakan aturan, norma dan kontrol sosial pada Instagram dan grup Whatsapp. 3) The meaning construction strategy di new media menggunakan konstruksi makna agar persuade mudah memahami pesan. Kata kunci: Komunikasi, Persuasif, Strategi, Media, Hijrah
  • Dr. Armawati Arbi, M.Si
  • --