Strategi pemasaran jasa pendidikan di Mts Al-Ikhwaniyah Pondok Aren

Main Author: Neni Triana
Other Authors: Salman Tumanggor, Siti Zahra Permatasari
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42049
Daftar Isi:
  • Neni Triana (NIM: 11140182000021), Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MTs Al-Ikhwaniyah. Skripsi Program Strata 1 (S1) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan yang berupa segmentasi, targetting, positioning di MTs Al-Ikhwaniyah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan studi dokumen.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran jasa pendidikan di MTs Al-Ikhwaniyah belum diterapkan dengan baik. Hal ini terlihat dari strategi segmentasi yang diterapkan hanya menggunakan pendekatan geografi dengan melihat kondisi di lingkungan sekitar, target pasar sasarannya hanya berada di sekitar kecamatan Pondok Aren, MTs Al-Ikhwaniyah melakukan positioning dengan program pembiasaan yang menjadi keunggulan. Untuk taktik pemasaran jasa menggunakan bauran pemasaran.Daya saing yang dimiliki MTs Al-Ikhwaniyah masih perlu ditingkatkan hal ini terlihat dari data jumlah siswa yang belum stabil.Sebaiknya MTs Al-Ikhwaniyah dapat merekrut staf pemasaran yang fokus menangani kegiatan pemasaran dan humas.