Evaluasi tingkat kesiapan layanan teknologi informasi dengan menggunakan kerangka kerja cobit 5 dan ITIL V3 2011
Main Author: | Anisa Citra Mutia |
---|---|
Other Authors: | M.Qomarul Huda, Nidaul Hasanati |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41972 |
Daftar Isi:
- Anisa Citra Mutia – 1113093000091, Evaluasi Tingkat Kesiapan Layanan Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 Dan ITIL V3 2011 di bawah bimbingan M. Qomarul Huda, Ph.D dan Nidaul Hasanati, MMSI. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang memiliki tugas untuk mengelola dan mengembangkan sistem informasi manajemen, pengembangan dan pemeliharaan jaringan dan aplikasi, pengelolaan basis data, dan pengembangan teknologi lainnya. Dalam pelaksanannya layanan teknologi informasi yang dikelola oleh Pustipanda selalu mengalami perubahan secara berkala baik dalam hal SDM, aset TI, budget, operasional, dan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Pustipanda perlu melakukan proses pengawasan, pengelolaan, dan evaluasi mengenai kesiapan dan keselarasan layanan TI antara strategi bisnis dengan strategi TI. Bedasarkan hal tersebut penelitian ini berusaha melihat lebih jauh proses pengelolaan teknologi informasi dalam bentuk evaluasi tingkat kesiapan layanan TI yang dilakukan di Pustipanda dengan mengacu pada standar layanan TI, lebih jauh lagi penelitian ini akan melihat hasil dari keselarasan antara strategi bisnis dengan standar layanan TI yang diterapkan dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 5 dan ITIL V3 2011 sebagai acuan untuk melakukan evaluasi layanan TI. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menekankan pada aspek pemahaman terhadap suatu permasalahan dalam hal ini menggunakan studi kasus, yaitu dengan cara melihat atau mengamati suatu kejadian, mengumpulkan data, menganalisis informasi dan melaporkan hasilnya sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan kondisi di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi prioritas dan perbaikan proses-proses TI yang bisa dijadikan acuan bagi pustipanda untuk memperbaiki kualitas layanan TI kedepan agar bisa maksimal dalam tujuan organisasi. Kata kunci :Evaluasi Tingkat Kesiapan Layanan Teknologi Informasi , COBIT 5 dan ITIL V3 2011, Pustipanda UIN Jakarta.