Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dipadu dengan Make A Match terhadap Hasil Belajar pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia

Main Author: Isti Qomah
Other Authors: Sujiyo Miranto, Eny Rosyidatun
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: (Jakarta: FITK UIN Syarif HIdayatullah Jakarta)
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41928
Daftar Isi:
  • Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dipadu Dengan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia (Kuasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 185 Jakarta Selatan). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dipadu dengan Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan pada manusia. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 di SMP Negeri 185 Jakarta Selatan tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-3 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes yang berbentuk pilihan ganda dan nontes berupa lembar kerja siswa dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data posttest menggunakan uji t. Diperoleh hasil thitung 2,84 dan ttabel 1,99 pada taraf signifikan α = 0,05 maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dipadu dengan Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan manusia