Strategi fundraising di Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Bekasi
Main Author: | Ayatulloh Humaini |
---|---|
Other Authors: | Asep Usman Ismail |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41887 |
Daftar Isi:
- v, 60 hml, 29 cm
- Strategi Fundraising di Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Bekasi Fungsi dan tugas divisi Fundraising memang bergerak dalam bidang pengumpulan dana zakat, infaq dan shadaqah dari masyarakat. Selanjutnya fundraising juga tidak hanya diartikan sebagai divisi pengumpul dana semata, tetapi juga terhadap bentuk partisipasi dan kepedulian dari setiap elemen masyarakat yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan organisasi. Keberhasilan sebuah organisasi pengelola zakat (OPZ) tergantung dari keseriusannya dalam menjalankan aktifitas fundraising, jika OPZ aktif dan baik dalam merencanakan bentuk pola dan strategi fundraising maka eksistensi OPZ akan berlangsung lama. Namun apabila tidak mampu merencanakan dan membuat strategi dalam penggalian dana masyarakat, maka bisa dipastikan OPZ tersebut kekurangan dana, sehingga eksistensi lembaga tersebut dalam posisi terancam. Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Bekasi adalah salah satu organisasi zakat yang mulai besar dan dikenal namanya di Kota Bekasi, selain itu, BAZDA Kota Bekasi juga merupakan organisasi zakat yang sedang mengalami kemajuan dan perkembangan terutama dalam hal fundraising atau pengumpulan dana zakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk mendapatkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pemilihan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, adapun informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang, yaitu Ketua BAZDA Kota Bekasi, Kepala Divisi Fundraising BAZDA Kota Bekasi dan Perwakilan dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Bekasi menerapkan tujuh macam strategi fundraising, yaitu strategi membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Special Event Ramadhan (Gerai Ramadhan), Penyebaran Kotak Amal BAZDA, Kampanye Media, Kemudahan Donasi, Layanan Pasca Donasi dan Program Aksi. Adapun strategi yang paling efektif diantara tujuh macam strategi fundraising yang diterapkan di BAZDA Kota Bekasi adalah strategi pembentukan UPZ, karena pemasukan rutin BAZDA setiap bulannya itu adalah dari UPZ tersebut.
- Dr. Asep Usman Ismail, MA
- --