Strategi komunikasi lembaga Aksi Cepat Tanggap di media sosial instagram dalam meningkatkan minat donatur pada program kapal kemanusiaan untuk Palestina
Main Author: | Kiki Septia Anindita |
---|---|
Other Authors: | Kiky Rizky |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41698 |
Daftar Isi:
- xv, 112 hlm, 26 cm
- Lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) merupakan Lembaga kemanusiaan yang berada di Indonesisa. ACT selalu konsisten membuat program yang kreatif salah satunya adalah Program Kapal Kemanusiaan untuk Palestina. Program ini berawal dari keputusan presiden AS, terhadap perpindahan ibu kota Israel ke Yerussam. Hal ini, mengakibatkan kembali konflik antara Israel dengan Palestina. Hal tersebut, memicu warga Indonesia simpati terhadap konflik di Palestina. Lalu di realisasikan oleh ACT untuk menjebatani simpati warga Indonesia terhadap warga Palestina. Hal ini, tidak terlepas dari strategi-strategi yang dilaksanakan ACT dalam menarik minat para danatur yaitu dengan memanfaatkan media sosial Instagram @actforhumanity. Berdasarkan konteks diatas, maka pertanyaan penelitian. bagaimana perumusan, implementasi, dan evalusasi strategi komunikasi Lembaga ACT di media sosial Instagram dalam meningkatkan minat donatur pada Program Kapal Kemanusian untuk Palestina? Menurut Fred R David strategi memiliki tiga tahapan. Pertama, perumusan strategi. Kedua, implementasi strategi. Ketiga, evaluasi strategi. Strategi komunikasi ACT merupakan perumusan strategi yaitu mengetahui faktor internal dan eksternal yang akan dihadapi. Lalu implementasi strategi yaitu memposting gambar atau video dengan kata-kata yang menyentuh hati dan mengisi konten dengan teratur. Adapun konten-kontennya yaitu hub, hero, dan hygiene. serta memperlihatkan artis dan selebgram yang membantu endorser dalam meningkatkan minat donatur. Selanjutnya evaluasi strategi yaitu ACT bisa membandingkan perubahan dari minggu ke minggu dan melakukan survey untuk mengetahui seberapa meningkatnya minat donatur pada program Kapal Kemanusiaan untuk Palestina. Kata kunci: strategi komunikasi, ACT, program Kapal Kemanusiaan untuk Palestina, menarik minat donatur, media sosial Instagram.
- Kiky Rizky, M.Si
- --