Peranan Hubungan Masyarakat (HUMAS) OMBUDSMAN Republik Indonesia Dalam Mensosialisasikan layanan Aspirasi Pengaduan Praktek Mal Administrasi

Main Author: Bella Putri Dwi Anggraeni
Other Authors: Wahidin Saputra
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41384
Daftar Isi:
  • x, 94 hlm,; 29 cm
  • Peranan Hubungan Masyarakat (Humas) Ombudsman Republik Indonesia Dalam Mensosialisasikan Layanan Aspirasi Pengaduan Praktik Maladministrasi Ombudsman Republik Indonesia (ORI) salah satu lembaga yang memiliki peran dalam pengawasan, pelaporan praktik maladministrasi serta ketidakpuasan masyarakat dalam menggunakan pelayanan publik. Selama ini image pelayanan publik yang buruk masih melekat pada sistem pelayanan publik yang ada, maka diperlukan peran Hubungan Masyarakat (Humas) untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keberadaan lembaga ini melaporkan terkait ketidakpuasan nya kepada sebuah instansi. Merujuk dari latar belakang tersebut maka timbul sebuah rumusan penelitian ini, yaitu: Bagaimana peran internal humas Ombudsman Republik Indonesia dalam mensosialisasikan layanan aspirasi pengaduan praktik maladministrasi? Dan Bagaimana peran eksternal humas Ombudsman Republik Indonesia dalam mensosialisasikan layanan aspirasi pengaduan praktik maladministrasi? Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori Cutlip dan Center Humas sebagai Communicator, penghubung antara organisasi atau lembaga yang diwakili dengan publiknya. Humas berperan sebagai perwakilan perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan publik internal dan eksternal. Kemudian membina Relationship, humas berupaya membina hubungan yang positif dan saling menguntungkan dengan pihak publiknya. Dalam hal ini humas berperan dalam melakukan pendekatan hubungan baik dengan publik. Kemudian peranan back up management, yakni sebagai pendukung dalam fungsi manajemen organisasi atau perusahaan. Humas memiliki peranan sebagai pendukung organisasi yang selalu sigap dalam menjalankan tugas dari atasan/perusahaan. Selanjutnya adalah membentuk corporate image, artinya peranan humas berupaya menciptakan citra bagi organisasi atau lembaganya. Dalam hal ini humas berperan menjaga dan menciptakan citra yang positif terhadap perusahaan dimata publik. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Kemudian sumber data diperoleh melalui observasi dilapangan, melalui wawancara dengan Humas Ombudsman Republik Indonesia yang menjadi subyek dari penelitian ini. Dokumentasi dari aktifitas yang dilakukan oleh Humas Ombudsman Republik Indonesia. Hasil dari penelitian Peranan Hubungan Masyarakat (Humas) Ombudsman Republik Indonesia Dalam Mensosialisasikan Layanan Aspirasi Pengaduan Praktik Maladministrasi adalah memiliki kesesuaian dengan teori yang digunakan. Selain berperan di dalam internal, humas Ombudsman Republik Indonesia juga berperan kepada eksternal yaitu kepada masyarakat. Kata Kunci: Peranan Humas, Ombudsman Republik Indonesia, Mensosialisasikan, Maladministrasi, Humas.
  • Drs. Wahidin Saputra, MA
  • --