Analisis Literasi Media Pada Pusat Studi Media Dan Komunikasi Remotivi (Studi Kasus Playlist Literasi Di Youtube)
Main Author: | Aminatuz Zuhriyah |
---|---|
Other Authors: | Rachmat Baihaky |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41107 |
Daftar Isi:
- ix, 92 hlm,; 29 cm
- ABSTRAK Aminatuz Zuhriyah (1113051000006) Analisis Literasi Media Pada Pusat Studi Media dan Komunikasi Remotivi (Studi Kasus Playlist Literasi di YouTube) Playlist Literasi media merupakan salah satu produk Remotivi yang memuat konten teori dalam melihat media di YouTube. Tujuannya untuk mengedukasi khalayak agar mengetahui cara kerja media dalam membuat produknya. Sehingga, masyarakat mampu menghadapi terpaan media. Remotivi sendiri merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kajian media dan komunikasi. Pada tahun 2014, mendapatkan Tasrif Award dari AJI karena kegigihannya dalam mengembangkan literasi media kepada masyarakat, menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, serta mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat dan mendidik. Berdasarkan latar belakang tersebut muncul lah pertanyaan penelitian. Bagaimana analisis konten literasi media pada YouTube Remotivi? Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Penelitian jenis ini menunjukkan bahwa kebenaran suatu realitas sosial adalah kebenaran yang bersifat relatif dari hasil konstruksi sosial. Peneliti melakukan observasi, wawancara, studi kasus dan studi pustaka untuk mendapatkan data penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis teks dan gambar Teun A Van Dijk. Teori yang digunakan peneliti adalah teori literasi media Art Silverblatt. Teori ini menjelaskan konsep tentang bagaimana cara memahami literasi media untuk memberikan pemahaman tentang diskursus media. Literasi media yang dilakukan Remotivi menggunakan YouTube dengan membagi menjadi lima playlist diantaranya; Literasi, Yang Tidak Media Katakan (YTMK), Kliping Peristiwa Media, Kampanye, dan yang terbaru adalah Kenakalan Remaja di Era Informatika. Namun, karena keragaman playlist dan sedikitnya tim YouTube menjadikan channel ini tidak konsisten dalam mengunggah video-video literasinya. Selain itu, konsep yang digunakan dalam playlist-nya juga masih mentah karena kebingungan tim YouTube untuk menyentuh lapisan khalayak dalam hal pengetahuan bermedia. Dengan demikian, apa yang dilakukan Remotivi dalam channel YouTubenya merupakan sebuah gerakan sosial yang memanfaatkan media digital dalam penyebarannya Kata Kunci: Remotivi, gerakan sosial, YouTube, literasi media.
- Rachmat Baihaky, MA
- --