Retaining students' memory on action verbs by using total physical reponse (TPR); a classroom action research at first grade studens of MTS jam imyatul kahir Ciputat

Main Author: Idatul Fitri
Other Authors: Zaenuri
Format: Bachelors
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/4041
Daftar Isi:
  • xi, 118 hal.; 28 cm
  • Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah Total Physical Response dapat mempertahankan memori siswa mengenai action verbs, dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dari Total Physical Response dalam mempertahankan memori siswa mengenai action verbs. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Jam’iyyatul Khair Ciputat dengan murid kelas satu sebanyak 24 sebagai responden. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam mempertahankan memori siswa mengenai action verbs. Peneliti menggunakan model Kurt Lewin yang mana terdiri dari empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kemudian dalam pengumpulan data dan analysis data, peneliti menggunakan observasi, interview, kuesioner, pre-test dan post-tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Total Physical Response dalam mempertahankan memori siswa mengenai action verbs pada kelas satu MTs Jam’iyyatul Khair Ciputat dapat memotivasi siswa untuk mempertahankan memori pada action verbs. Tanggapan siswa menunjukkan bahwa mereka bersemangat untuk mempelajari dan mempertahakan memori mengenai action verbs karena mereka menyatakan bahwa kegiatan Total Physical Response menyenangkan. Selain itu, pencapaian siswa dalam pre-test dan post-test menunjukkan perkembangan yang berarti. Pada awalnya, rata-rata nilai siswa pada pre-test adalah 51.87, hanya ada 8.33% dari keseluruhan siswa yang lulus KKM. Selanjutnya, rata-rata nilai siswa pada post-test I adalah 65, hanya ada 33.33% dari keseluruhan murid yang lulus KKM. Akhirnya, rata-rata nilai siswa pada post-test II adalah 79.16, ada 83.33% dari keseluruhan siswa yang lulus KKM, dan hanya ada 16.67% murid yang tidak lulus KKM. Dari hasil ini, peneliti menyimpulkan bahwa pengajaran action verbs dengan menggunakan Total Physical Response pada kelas satu MTs Jam’iyyatul Khair dapat mempertahankan ingatan siswa pada action verbs.