Pengembangan Alat Peraga Rotation Counter pada Konsep Gerak Melingkar Beraturan untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Siswa

Main Author: Fauzy Nurcholis Yusup
Other Authors: Dwi Nanto, Ph.D
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40346
Daftar Isi:
  • FAUZY NURCHOLIS YUSUP (1111016300008), “Pengembangan Alat Peraga Rotation Counter Pada Konsep Gerak Melingkar Beraturan untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Siswa ”. Skripsi, Jurusan Pendidikan IPA, Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga pada konsep gerak melingkar beraturan untuk siswa kelas X SMA/MA, 2) Menguji kelayakan media yang telah dibuat melalui uji coba pada siswa SMA/MA, 3) Mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap alat peraga pada konsep gerak melingkar beraturan untuk siswa kelas X SMA/MA.4) Mengetahui Hasil belajar siswa dengan menghitung hasil ulangan setelah menggunakan alat peraga yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Desain penelitian mengacu pada model pengembangan prosedural yang meliputi 4 tahap, 1) penelitian pendahuluan, 2) tahap prototipe, 3) evaluasi sumatif, 4) refleksi sistematik dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Telah berhasil dikembangkan alat peraga roda-roda berhubungan pokok bahasan gerak melingkar beraturan untuk siswa SMA/MA; 2) kualitas alat peraga yang telah dikembangkan adalah baik berdasarkan penilaian ahli instrumental 75,77% dan ahli materi 95,15%; 3) penilaian respon siswa pada uji coba adalah sangat baik 82,67%. 4) Dapat disimpulkan bahwa pengembangan alat peraga berdampak positif untuk meningkatan kemampuan analisis siswa pada materi gerak melingkar beraturan. Kata Kunci: Pengembangan, Alat Peraga, Gerak Melingkar, Kualitatif