Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Four-Tier Pada Konsep Hukum Newton dan Penerapannya Terhadap Siswa Kelas X di SMAN 5 Kota Serang
Main Author: | Lika Tia Amalia |
---|---|
Other Authors: | Fathiah Alatas, M.Si |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40224 |
Daftar Isi:
- Lika Tia Amalia, 11110163000024, Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Four-Tier pada Konsep Hukum Newton dan Penerapannya Siswa Kelas X Di SMAN 5 Kota Serang, Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep hukum Newton menggunakan tes diagnostik four-tier. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1, X IPA2, dan X IPA 3 di SMAN 5 Kota Serang pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 90 siswa. Data tes diagnostik four-tier dikumpulkan menggunakan four-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa ke dalam paham konsep, tidak paham, miskonsepsi dan eror (4 Kategori). Pada kategori miskonsepsi terbanyak terdapat pada indikator yang menjelaskan aplikasi hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari sebesar 30% dan terendah pada indikator pembelajaran mendeskripsikan pengertian gaya dengan persentase sebesar 1,66%.