Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Negeri (PKBMN) 09 Cilandak Jakarta Selatan
Main Author: | Nur Annisya |
---|---|
Other Authors: | Dr. Teuku Rusman N, M.Pd., Drs. Mu'arif SAM, M.Pd. |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40121 |
Daftar Isi:
- Nur Annisya (NIM : 11140182000003), Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Negeri 09 Cilandak Jakarta Selatan. Skripsi Program Strata Satu (S-1) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian program Paket C selama 3 tahun terakhir. Model yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input, Process and Product). Penelitian dilakukan dengan melakukan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Sumber data diperoleh dari Kepala sekolah, Pengelola, Tutor dan Alumni. Hasil penelitian menunjukan Program Paket C belum menunjukan hasil maksimal dalam penyelenggaraan program yang berkualitas. Dalam aspek Context yang belum memenuhi syarat adalah lokasi penyelenggaraan program. Dalam aspek Input yang belum terpenuhi dalam aspek kompetensi tutor dan antusiasme warga belajar, dalam aspek Proses belum terpenuhi dalam materi pelajaran yang selalu sama dalam tiap jenjang dan pada aspek Produk masih belum terpenuhi pada hasil UN selalu dalam katagori E, terdapat indikasi rekayasa pada hasil rapor, terdapat indikasi kecurangan pada hasil USBN, pembentukan nilai sikap pada lingkungan kerja masing-masing, warga belajar tidak memiliki prestasi non akademik dan pada aspek kepuasan pengguna lulusan dalam katagori cukup puas namun kurang pada indikator bahasa dan pengembangan teknologi. Berdasarkan temuan tersebut, pengelola PKBM idealnya menambah jam belajar, pemaksimalan pembelajaran komputer, dan pemisahan ruang kelas. Selain itu, sebaiknya dilakukan pembiasaan nilai-nilai sikap kepada warga belajar dari aspek sosial dan ibadah, PKBM harus aktif dalam mencari even-even untuk menambah prentasi non akademik. Selanjutnya, mengenai profil, pengelola PKBM harus membuat kerjasama dengan alumni maupun penyelenggara job fair untuk mempermudah alumni mencari pekerjaan yang lebih baik.