PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIPUTAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | NURUL HIDAYATI |
---|---|
Other Authors: | Dr. Elvi Susanti, M.Pd. |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40094 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji masalah penerapan model pembelajaran card sort dalam keterampilan menceritakan kemballi teks fabel siswa kelas VII SMP PGRI 1 Ciputat Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 1 Ciputat pada bulan Februari 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran card sort dalam keterampilan menceritakan kemballi teks fabel siswa kelas VII SMP PGRI 1 Ciputat Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis secara berangsur-angsur, mulai dari observasi, kemudian menganalis nilai menceritakan kembali teks fabel siswa dan diperkuat dengan hasil wawancara dan tes terhadap keterampilan menceritakan kembali siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran card sort dalam keterampilan menceritakan kembali teks fabel siswa sudah menunjukkan hasil yang baik. Hal tersebut terlihat dari 29 siswa yang menjadi subjek penelitian, 22 siswa atau 75,8 % siswa mampu menceritakan kembali dengan baik, 2 siswa atau 6,8 % siswa mampu menceritakan dengan cukup baik, 3 siswa atau 10,3 % siswa tergolong kurang, dan 2 siswa atau 6,8 % siswa tergolong sangat kurang. Kemudian, hasil analisis terhadap keterampilan menceritakan kembali siswa menunjukkan hasil yang baik dengan rincian nilai, 1 siswa memperoleh nilai 97, 3 siswa memperoleh nilai 94, 7 siswa memperoleh nilai 91, 1 siswa memperoleh nilai 88, 2 siswa memperoleh nilai 86, 4 siswa memperoleh nilai 83, 1 siswa memperoleh nilai 82, 2 siswa memperoleh nilai 77, 1 siswa memperoleh nilai 74, 1 siswa memperoleh nilai 71, 1 siswa memperoleh nilai 82, 1 siswa memperoleh nilai 58, 1 siswa memperoleh nilai 51, 1 siswa memperoleh nilai 40, 1 siswa memperoleh nilai 37, dan 1 siswa memperoleh nilai 25. Berdasarkan hasil tersebut, maka nilai rata-rata siswa mendapatkan 75. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa memiliki keterampilan menceritakan kembali yang cukup baik yang sesuai dengan kriteria ketuntasan menilai. Berdasarkan hasil tersebut, maka nilai rata-rata siswa mendapatkan 75.
- KHUSUS ARTIKEL