Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas II F MI Pembangunan UIN Jakarta

Main Author: Faiz Nur Haryanti
Other Authors: Fauzan
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/40069
Daftar Isi:
  • Berdasarkan masalah rendahnya partisipasi belajar peserta didik maka penulis melakukan penelitian tentang Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas II F MI Pembangunan UIN Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar peserta didik menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here pada Pembelajaran Tematik Kelas II F MI Pembangunan UIN Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas II F MI Pembangunan UIN Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu terjadi peningkatan partisipasi belajar peserta didik. Dari hasil rata-rata siklus I dan siklus II terjadi peningkatan persentase sebanyak 10% dari jumlah peserta didik yaitu pada siklus I sebesar 81% dari jumlah peserta didik menjadi 91% dari jumlah peserta didik pada siklus II dengan kategori sangat baik.