Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android Dengan Bantuan Software Construct 2 Pada Materi Aljabar

Main Author: Aziz Muhtasyam
Other Authors: Dr. Tita Khalis Maryati,M.Kom, Gusni Satriawati, M.Pd
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38973
Daftar Isi:
  • ABSTRAK AZIZ MUHTASYAM (1111017000025). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Edukasi Berbasis Android dengan Bantuan Software Construct 2 Pada Materi Aljabar”. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Maret 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa game edukasi pada materi Aljabar untuk digunakan pada smartphone android. Media dikembangkan dengan menggunakan software construct 2. Subjek uji coba diambil berdasarkan teknik purposive sampling, yaitu 40 siswa pengguna smartphone ataupun tablet PC berbasis android pada kelas VII MTs Daarul Ma’arif, ahli materi, ahli media dan guru MTs Daarul Ma’arif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria layak berdasarkan kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional, dan kualitas teknis menurut ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Media pembelajaran matematika berupa game edukasi berbasis android ini juga mendapat tanggapan positif dengan persentase perolehan skor keseluruhan sebesar 83,43% yang termasuk dalam kriteria baik.