Evaluasi Program Full Day School di MTs. Attaqwa 03 Bekasi

Main Author: Lailatul Fajriyyah
Other Authors: Dr. Teuku Rusman N, M.Pd., Dr. Hasyim Asy'ari, M.Pd.
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38914
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan capaian program full day school selama 3 tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan model CIPP, yaitu Context, Input, Process, dan Product sebagai alat melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Pengumpulan data pada proses evaluasi yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program full day school di MTs. Attaqwa 03 Bekasi telah terselenggara dengan kategori baik pada aspek konteks, proses dan produk, serta kategori moderat pada aspek input. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat diputuskan bahwa program full day school dilanjutkan pelaksanaannya karena mampu memberi manfaat untuk peserta didik, alumni dan masyarakat namun demikian untuk mengoptimalkan program tersebut perlu beberapa perbaikan pada aspek yang mendapatkan kategori moderat seperti konteks, input dan produk. Beberapa rekomendasi yang dapat diajukan agar program full day school di MTs. Attaqwa 03 Bekasi dapat berjalan dengan maksimal. Pertama, ketersediaan surat izin penyelenggaraan program full day school dari Kemenag Kabupaten Bekasi. Kedua, pembuatan pedoman khusus program full day school oleh kepala sekolah bekerja sama dengan guru. Ketiga, metode dan strategi belajar yang digunakan guru harus lebih bervariasi. Keempat, guru lebih intensif dalam memotivasi peserta didik agar memiliki kesadaran yang tinggi untuk memacu prestasi dan menggali potensi bakatnya. Keempat, pengadaan laboratorium IPA dan penambahan alat musik sebagai sarana dan prasarana pendukung program full day school.
  • KHUSUS ARTIKEL