Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa (Kuasi Eksperimen di Kelas X IPA MAN Bayah)
Main Author: | Fithria Aniatuzzahroh |
---|---|
Other Authors: | Ahmad Sofyan, Meiry Fadilah Noor |
Format: | bachelorThesis |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38740 |
Daftar Isi:
- Fithria Aniatuzzahroh, 109016100004. Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa (Kuasi Eksperimen di Kelas X IPA MAN Bayah). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think Talk Write berbasis kontekstual terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April 2014 di MAN Bayah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian randomized subjects pretest-postest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Terdapat 63 siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen (n = 32) dan kelompok kontrol (n = 31). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, berupa tes pilihan ganda dan angket. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung sebesar 4.53 dan ttabel 1.658, maka thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Think Talk Write berbasis kontekstual terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep pencemaran lingkungan.