Pengaruh Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV pada Materi Bangun Datar

Main Author: Siti Atikah
Other Authors: Dr. Lia Kurniawati, M. Pd
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38657
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SITI ATIKAH (1113018300056), ”Pengaruh Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar”. Skripsi Jurusan Guru Madrrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Januari 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Tegal Alur 03 Pagi tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design, yang melibatkan 63 siswa sebagai sampel, 32 siswa pada kelas eksperimen dan 31 siswa pada kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Instrument penelitian yang diberikan berupa kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari 6 soal bentuk uraian. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 61, 29 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 73,88. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis statistik. Dari perhitungan tersebut diperoleh nilai sig. < 5% maka H1 diterima, artinya terdapat perbedaan antara rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajarkan menggunakan metode TAPPS dengan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. Kata kunci: Thinking Aloud Pair Problem Solving, Berpikir Kreatif, Quasi Eksperimen