Pengaruh pendekatan konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi

Main Author: Nur Cholifah
Other Authors: Ramli, Munasprianto, Etty Sofyatiningrum
Format: Bachelors
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3846
Daftar Isi:
  • viii, 188 hal.; 28 cm
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada konsep laju reaksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Tangerang Selatan tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 21 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument hasil belajar dan hasilnya diuji dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 9,34 ternyata lebih besar dari t tabel sebesar 0,99 Ini berarti Ho ditolak pada taraf signifikansi α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan terdapat pengaruh pendekatan konsep terhadap hasil belajar kimia siswa diterima. Hal ini menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa.