Istikhdam istiratijiyyat at-ta’allum al-‘abqari litarqiyat injaz ta’lim al- mufradat fi Madrasah Islamiyah Al- Mutawassitat Al-Islamiyah Ciputat

Main Author: Luthpiah
Other Authors: Ahmad Thib Raya, Ubaid Ridlo
Format: bachelorThesis
Bahasa: ar
Terbitan: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38050
Daftar Isi:
  • Istikhdaam Istiraatiijiyyah At Ta’alum Al-‘Abqariy(Genius Learning Strategy) Litarqiyyati Injaazi Ta’lim Al-Mufradaat Fii Madrasah “Islamiyyah” Al Mutawassithah Al Islamiyyah Ciputat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap aktifitas siswa ketika mengikuti pembelajaran kosakata, mengungkap pengelolaan guru di kelas delapan unggulan di sekolah ini yang dirancang oleh guru dengan menggunakan Genius Learning Strategy dengan teknik memory dan membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi ini. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan denga empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Teknik penelitian ini sebagai upaya mengatasi permasalahan di kelas dan membuktikan keberhasilan belajar dengan meningkatnya prestasi pembelajaran kosakata. Sumber data yang diperoleh adalah dari siswa dan guru bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah angket (gaya belajar siswa), tes (pre-test dan post test), observasi langsung dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: 1) Bahwa hasil aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran kosakata menunjukkan interpretasi baik dengan selisih peningkatan 15,39%. 2) Hasil pengelolaan guru di kelas menunjukkan interpretasi baik sekalidengan selisih peningkatan 13,3%. 3) Bahwa terdapat peningkatan nilai belajar siswa dalam pembelajaran kosakata dari siklus I hingga siklus II dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas adalah 71,67% dengan interpretasi baik dengan capaian KKM sebesar 70,91% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 80,42% dengan interpretasi baik dengan capaian KKM 82,75% dan selisih peningkatan 8,75%. Dari hasil di atas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Genius Learning Strategydalam pembelajaran kosakata dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Islamiyah Ciputat.