Pengaruh Hypermedia dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI di MA Manaratul Islam

Main Author: Lutfi Malik Ramdhani
Other Authors: Yayah Nurmaliah, Sita Ratnaningsih
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37962
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Lutfi Malik Ramdhani (NIM: 21150110000007). Pengaruh Penggunaan Hypermedia dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di MA Manaratul Islam Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan hypermedia dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam. Latar belakang penelitian ini bersumber pada kondisi dan situasi kegiatan belajar mengajar di sekolah yang masih bersifat tradisional dan tidak adaptif dengan perkembangan zaman. Penelitian ini dilakukan pada kelas X MA Manaratul Islam Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan teknik treatment by level design. Sedangkan untuk menganalisis dan menguji hipotesis peneliti menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar PAI melalui penggunaan hypermedia dan angket digunakan untuk mengukur motivasi belajar. Hasil penelitian dengan analisis varian (ANAVA) dua Jalur, menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar PAI siswa antara yang menggunakan hypermedia dengan yang menggunakan media cetak. Siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan hypermedia mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dari siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan media cetak. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar PAI siswa antara yang motivasinya tinggi dengan yang motivasinya rendah. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dari siswa yang memiliki motivasi rendah. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar PAI siswa antara yang menggunakan hypermedia dan motivasinya tinggi dengan yang menggunakan media cetak dan motivasinya tinggi. Siswa yang belajar menggunakan hypermedia dan motivasinya tinggi mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa yang belajar menggunakan media cetak dan motivasinya tinggi. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar PAI siswa antara yang menggunakan hypermedia dan motivasinya rendah dengan yang menggunakan media cetak dan motivasinya rendah. Siswa yang belajar menggunakan media cetak dan motivasinya rendah mempunyai hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa yang belajar menggunakan hypermedia dan motivasinya rendah. (5) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan hypermedia dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI. Kata Kunci: Hypermedia, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.