Pengaruh Strategi Pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep Gerak Harmonis Sederhana

Main Author: Nia Aisyah
Other Authors: Fathiah Alatas, M.Si
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37824
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep gerak harmonis sederhana. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2016/2017 di kelas XI MIPA MAN 3 Kabupaten Tangerang. Metode yang diguanakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu intrumen tes berupa soal pilihan ganda dan non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat pengaruh strategi pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep gerak harmonis sederhana. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap hasil data posttest menunjukkan nilai sig (2- tailed) sebesar 0,000 sedangkan taraf signifikansi sebesar 0,05. Nilai sig (2-tailed) < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan startegi pembelajaran PDEODE lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PDEODE sebesar 83,01% berkategori baik sekali.