Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di MTs. Daarul Hikmah Pamulang

Main Author: Ade Muti'ah Fadhillah
Other Authors: Siti Khadijah
Format: bachelorThesis
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37003
Daftar Isi:
  • Ade Muti’ah Fadhillah (NIM: 1113011000069). Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs. Daarul Hikmah Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode card sort terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Daarul Hikmah Pamulang pada bulan April – Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan dua kelas secara acak dari populasi. Sehingga didapat dua kelas yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel kelas eksperimen yaitu kelas VII A berjumlah 22 siswa dengan menggunakan metode card sort. Sampel kelas kontrol yaitu kelas VII C berjumlah 22 siswa dengan menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala motivasi belajar. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode card sort yang diterapkan pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini ditunjukan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, didapat thitung 3,20 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,02. Karena thitung > ttabel, maka kesimpulannya adalah metode card sort memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Kata kunci: Metode card sort, Motivasi Belajar.